Wednesday, June 5, 2024

Presiden Barcelona Joan Laporta Ungkap Fakta Di Balik Pemecatan Xavi


 berita bola - Presiden Barcelona Joan Laporta mengungkap fakta di balik saga Xavi, dan menegaskan dukungannya untuk Hansi Flick.

APA YANG TERJADI?

Barcelona mati-matian berusaha membujuk Xavi untuk mengurungkan niatnya meninggalkan klub Catalunya itu pada pekan terakhir Bulan Akhir. Namun, segelintir komentar Xavi terkait lesunya finansial Barcelona dan dampaknya terhadap ketidakmampuan Blaugrana menyaingi Real Madrid ternyata tak bisa diterima sang presiden, Joan Laporta. Alhasil, sosok legendaris Barca itu diminta angkat kaki hanya sebulan setelah sepakan bertahan, dan Hansi Flick ditunjuk sebagai penggantinya.

KATA LAPORTA

Berbicara di "The President Podcast" di Barca One, Laporta berkata: "Xavi bilang pada saya bahwa dia memercayai tim ini, tetapi kemudian, karena beberapa pernyataannya, dia terlihat seolah mengubah ucapannya. Itu membuat saya berpikir dua kali dan saya mendapat perasaan bahwa saya harus melakukan perubahan. Dewan direksi lain juga merasakan hal yang sama."

"Xavi berkinerja baik, dia mengambil alih tim yang saat itu berada di tengah kesulitan maksimum. Tahun lalu kami menjuarai Liga Spanyol dan Piala Super, tetapi tahun ini tak sebagus itu. Februar kemarin saya membiarkannya pergi pada Bulan Juni karena dia adalah seorang cule dan karena dia juga membantu kami untuk tak perlu tergesa-gesa mencari pengganti. Lalu dia meminta untuk tetap lanjut dan saya bertanya apakah dia percaya pada tim ini dan dia menjawab 'ya'."

"Perubahan dalam tim membuat saya berpikir dua kali, dan saya memilih Hansi Flick untuk memaksimalkan skuad ini. Urusan selesai dengan elegan terkait Xavi, yang akan terus disambut dengan pintu terbuka karena dia layak mendapatkannya."

SITUASI BARCELONA

Barcelona kesulitan menaati peraturan Financial Fair Play (FFP) La Liga, sehingga muncul keraguan mereka bakal mempermanenkan atau terus meminjam Joao Cancelo dan Joao Felix. Kendati demikian, Laporta meyakinkan para suporter bahwa Deco, selaku direktur olahraga, sedang "berusaha" mencari cara untuk memperpanjang masa bakti duo Joao di Barca.

"Kami ingin mereka bertahan semusim lagi," ucap Laporta. "Deco sedang berusaha mencari cara dan kami mendapat kabar bahwa Flick merasa mereka bisa berperan penting. Dia sudah memikirkan mereka sejak di Bayern Munich. Saya senang dengan kualitas Joao Felix, juga dengan komitmen luar biasa Ferran Torres ketika dia tak cedera, dan dengan Robert Lewandowski."

SELANJUTNYA BUAT BARCELONA?

Barcelona sepertinya akan menjalani musim panas yang sibuk karena raksasa La Liga itu harus menyeimbangkan neraca keuangan mereka sembari membangun tim yang kuat dan yang bisa menyaingi Real Madrid. Flick akan berperan penting dalam proses penyusunan skuad ini seiring Barca bermimpi untuk kembali ke masa jaya mereka.

No comments:

Post a Comment