Saturday, December 5, 2020

Imbas Kasus Proyek Transfer Luis Suarez, Direktur Sepakbola Juventus Fabio Paratici Diperiksa


 berita bola - Jika terbukti bersalah, berlebihan kah jika Juve kembali didegradasikan ke Serie B?

Direktur olahraga Juventus, Fabio Paratici, menghadapi penyelidikan kriminal terkait tuduhan mencurangi tes naturalisasi striker asal Uruguay, Luis Suarez (33 tahun).

Juventus hampir mendatangkan Suarez pada bursa transfer musim panas lalu. Tapi, urung kejadian lantaran kasus naturalisasi yang coba diakali pihak klub tercium otoritas setempat.

Kubu Si Nyonya Tua mendorong Suarez untuk mendapatkan kewarganegaraan Italia demi memuluskan transfer sang pemain sekaligus memastikan tidak melebihi kuota pemain non-Uni Eropa yang diizinkan.

Suarez dicurigai telah mendapatkan kemudahan dan perlakuan khusus dalam tes bahasa yang dilakukan di Universitas Perugia. Ia dilaporkan diluluskan setelah cuma menuntaskan bagian ujian lisan.

Alhasil, Suarez gagal ke Juventus dan akhirnya bergabung dengan Atletico Madrid setelah enam musim membela Barcelona. Pihak Juve pun membantah melakukan kecurangan.

“Juventus mengonfirmasi bahwa hari ini Fabio Paratici sudah diinformasikan tentang jaminan dan hak membela diri," begitu bunyi pernyataan resmi Juventus, Jumat (4/11).

"Klub menegaskan kembali kebenaran pekerjaan Paratici dan percaya diri bahwa penyelidikan yang berjalan akan membantu memperjelas posisinya dalam waktu yang dibutuhkan."

“Secara eksklusif, kejahatan yang dituduhkan oleh Kejaksaan Umum di Pengadilan Perugia adalah Pasal 371 KUHP."

Adapun pasal tersebut berjudul “Informasi palsu kepada jaksa atau jaksa Mahkamah Pidana Internasional”.

“Klub menegaskan kembali kebenaran Paratici dan yakin bahwa penyelidikan yang sedang berlangsung akan membantu memperjelas posisinya dalam waktu yang wajar.”

Jika terbukti bersalah, Juve dikabarkan berpotensi menerima sejumlah hukuman, mulai dari denda, pengurangan poin, hingga lebih parahnya lagi, didegradasikan, layaknya kasus Calciopoli 2006.

No comments:

Post a Comment