Tuesday, October 24, 2023

Xavi: Pemain Muda Barcelona Tak Ada Yang Sombong


 berita bola - Xavi menyatakan dirinya tidak mengalami kesulitan untuk mengembangkan kemampuan pemain muda Barcelona.

Pelatih Barcelona Xavi memberikan pujian kepada penggawa La Masia yang berhasil menembus ke skuad utama pada musim 2023/24, dan merasa senang dengan sikap mereka.

Xavi mengambil keputusan berani dengan memasukkan sejumlah pemain akademi ke dalam beberapa pertandingan LaLiga dan Liga Champions, seperti Lamine Yamal, Fermin Lopez, atau Marc Guiu. Nama terakhir langsung mencetak gol debut setelah 23 detik menginjakkan kaki di lapangan.

Performa mereka dinilai lebih baik dibandingkan penggawa muda yang dimainkan pada musim lalu. Menurut Xavi, ia tidak mengalami kesulitan untuk menangani para pemain ini, karena mereka telah memperlihatkan sikap positif, baik saat latihan maupun pertandingan.

“Dalam kasus Marc, serta dalam kasus Lamine atau Fermin, misalnya, mereka adalah para pemain rendah hati yang tidak memerlukan tambahan untuk tetap membumi. Kerendahan hati adalah hal mendasar dalam kehidupan dan olahraga,” ucap Xavi dalam keterangannya kepada wartawan dikutip laman Mundo Deportivo.

“Dalam sepakbola, itu adalah salah satu hal yang membuat perbedaan. Marc, misalnya, hari ini (Selasa) telah berlatih keras dan ingin terus berkembang. Mereka melihat peluang untuk masuk ke tim utama dan sukses. Jadi saya tidak melihat banyak masalah dalam melatih pada level kemanusiaan.”

“perpaduan antara veteran dan pemain muda lebih baik, karena menempatkan semua pemain muda dalam satu pertandingan dibutuhkan keberanian. Anda harus mengaturnya dengan baik, dan tidak memasukkan tiga atau empat pemain debutan dalam satu pertandingan. Tekanan dan tanggung jawabnya harus didistribusikan.”

Di lain sisi, Xavi tidak akan melakukan banyak rotasi pemain, meski duel melawan Shakhtar Donetsk pada matchday ketiga Grup H Liga Champions dan El Classico kontra Real Madrid berdekatan.

“Tidak perlu menyimpan siapa pun, karena ini adalah Liga Champions. Sangat penting untuk memiliki perasaan yang baik, dan mendapatkan tiga poin. Sangat penting bagi klub untuk lolos dari babak penyisihan grup,” tegas Xavi.

“ini bukan waktunya untuk menguji atau melakukan hal-hal aneh. Ini saatnya untuk bersikap praktis, dan menunjukkan model permainan kami. Kami tidak akan membuat sesuatu yang baru.”

No comments:

Post a Comment