Saturday, October 21, 2023

Pep Guardiola: Erling Haaland Pantas raih Ballon D'Or, Begitu Juga Lionel Messi


 berita bola - Jika melihat situasi saat ini, Guardiola mengaku lebih memilih Haaland meraih Ballon d'Or.

Manajer Manchester City Pep Guardiola mengambil sikap netral dalam memilih pemain yang pantas mendapatkan Ballon d'Or tahun ini di tengah mencuatnya nama Erling Haaland dan Lionel Messi.

Banyak yang menilai Messi pantas mendapatkan Ballon d'Or, meski memperlihatkan performa tidak bagus bersama Paris Saint-Germain pada musim lalu. Namun keberhasilan mengangkat trofi Piala Dunia 2022 menjadi penilaian tersendiri.

Sedangkan Haaland memperlihatkan performa apik bersama City dengan torehan 52 gol yang turut membantu The Cityzen menggapai treble berupa juara Liga Primer Inggris, Piala FA, dan Liga Champions.

Guardiola berada di persimpangan ketika diminta pendapatnya mengenai pemain yang pantas mendapatkan penghargaan Ballon d'Or tahun ini. Di satu sisi, Haaland merupakan striker andalannya di City, sementara Messi merupakan bagian dari Barcelona ketika Guardiola menangani Blaugrana.

“Kalian lucu sekali. Saya selalu mengatakan Ballon d'Or harus terdiri dari dua bagian: satu untuk Messi, dan satu untuk yang lain,” ujar Guardiola dikutip laman Manchester Evening News.

“Haaland harusnya menang. Kami meraih treble karena dia mencetak 52 gol. Tapi tentu saja Messi jika Anda memberi tahu saya musim terburuk adalah yang terbaik bagi pemain lainnya. Keduanya pantas mendapatkannya.”

“Jika berdasar kepentingan pribadi, saya akan mengatakan saya menginginkan Erling, karena dia membantu kami mencapai apa yang kami capai. Saya akan menyukainya. Tetapi saya tidak akan mengatakan kepada kalian tidak adil jika Leo menang.”

Terlepas dari itu, Guardiola merasa senang banyak pemain City yang masuk ke daftar nominasi peraih Ballon d'Or. Setidaknya ada tujuh pemain musim ini yang menjadi kandidat tahun ini. Satu lainnya merupakan mantan penggawa City.

Ketujuh pemain tersebut adalah Haaland, Rodri, Kevin De Bruyne, Ruben Dias, Julian Alvarez, Bernardo Silva, dan Josko Gvardiol. Sedangkan mantan pemain adalah eks kapten tim Ilkay Gundogan.

“Sangat menyenangkan banyak pemain Man City akan berada di sana untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun untuk menantang mendaatkan trofi ini. Itu membuat kami sangat bangga dengan organisasi kami,” imbuh Guardiola.

No comments:

Post a Comment