Wednesday, October 21, 2020

Redam Neymar & Kylian Mbappe, Axel Tuanzebe Panen Pujian


berita bola -  Jebolan akademi Manchester United itu dimainkan sebagai starter dan tampil solid di pertandingan pertamanya setelah sepuluh bulan menepi akibat cedera

Axel Tuanzebe mencuri perhatian di Paris berkat performa yang ia tampilkan ketika membawa Manchester United mengamankan kemenangan 2-1 atas tuan rumah Paris Saint-Germain di laga perdana babak grup Liga Champions, Rabu (21/10) dini hari WIB tadi.

Beberapa bulan terakhir ini menjadi periode yang sulit untuk Tuanzebe di level individu, dengan ia mengalami rentetan cedera sejak pertama kali mengeluhkan masalah paha di sesi pemanasan sebelum duel melawan Liverpool di Liga Primer Inggris pada Oktober 2019 lalu.

Penampilan terakhirnya untuk Setan Merah terjadi di Piala Liga melawan Colchester United pada Desember tahun kemarin, dan sejak itu ia praktis menepi karena cederanya sering kambuh.

Akan tetapi, Tuanzebe yang kembali fit dipilih oleh manajer Ole Gunnar Solskjaer untuk menggantikan Harry Maguire yang cedera, bahkan ia turun sejak menit awal di Paris guna berduet dengan Victor Lindelof dan Luke Shaw di lini belakang.

Ia menjawab kepercayaan tersebut dengan baik dan bahkan mematikan pergerakan Neymar serta Kylian Mbappe. Dan mengutip Statman Dave, analis statistik yang bekerja sama dengan laman resmi Unied, Tuanzebe mencatatkan 100 persen menang duel wilayah, 92 persen umpan akurat, tujuh sapuan, dua pelanggaran dan satu blok di pertandingan semalam.

Penampilan pemain jebolan akademi itu lantas mengundang pujian, tak terkecuali dari kiper David de Gea: “Jika boleh jujur, dia [Tuanzebe] bermain luar biasa hari ini, melawan sejumlah pemain terbaik di dunia: Neymar dan Mbappe,” ujarnya seusai laga.

“Dia bermain sangat baik; Saya sangat senang untuknya. Dia sebelumnya mengalami sejumlah momen sulit dengan rentetan cedera, dan hari ini dia menunjukkan bahwa ia mampu bermain di pertandingan besar.”

Ole juga tak ketinggalan memuji beknya itu. Ia mengatakan: “Axel adalah bek luar biasa, seorang pemimpin hebat. Dia berasal dari akademi dan kami sudah tahu selama bertahun-tahun bahwa dia akan menjadi pemain top untuk kami dan dia punya karakter serta sikap yang harusnya dimiliki pemain Man United.

“Terkadang Anda bersaing dengan Mbappe dan Anda harus berlari melawannya dan kami tahu kualitas Axel, dia adalah seorang bek top. Ini adalah pertandingan pertamanya dalam, saya tidak tahu, sepuluh bulan yang mana merupakan bukti kualitas yang dimilikinya.”

Di pertandingan semalam, United menyentak terlebih dahulu lewat penalti Bruno Fernandes yang diulang pada menit ke-24. Dan meski PSG berhasil membalas berkat gol bunuh diri Anthony Martial di awal babak kedua, United tetap menunjukkan perlawanan dan bahkan memastikan tiga poin melalui sepakan terukur Rashford di menit ke-87.

Ini merupakan kemenangan lainnya untuk United di Paris, yang pada 2018/19 lalu mengamankan skor dramatis 3-1 di leg kedua babak 16 besar Liga Champions, dengan Rashford waktu itu menjadi penentu berkat gol penaltinya di masa injury time ke gawang Gianluigi Buffon.

Berkat kemenangan ini, United untuk sementara menempati urutan kedua di tabel klasemen Grup H dengan koleksi tiga poin. Posisi puncak diduduki kuda hitam asal Jerman RB Leipzig, yang di tempat lain berhasil mengalahkan Istanbul Basaksehir dengan skor 2-0.

Adapun pada Sabtu (24/10) malam WIB mendatang, United arahan Ole Gunnar Solskjaer bakal menghadapi pertandingan sulit lainnya ketika mereka diharuskan meladeni Chelsea dalam lanjutan Liga Primer Inggris di Old Trafford.

No comments:

Post a Comment