Saturday, December 16, 2023

Xavi: Kok Mundur? Barcelona Sudah Setengah Jalan Jadi Tim Jago Nih!


 berita bola - Meski di bawah rumor pemecatan, Xavi menegaskan tidak akan mundur karena telah setengah jalan membentuk Barcelona jadi tim hebat.

APA YANG TERJADI?

Sang legenda Barca, Xavi kembali ke klub lamanya sebagai manajer pada November 2021, di tengah masalah finansial, namun dia sukses memimpin mereka menjuarai La Liga musim lalu plus meraih gelar Supercopa de Espana. Pada bulan September, Blaugrana memperpanjang kontraknya hingga 2025, namun kampanye musim ini kurang memuaskan. Meski sukses lolos ke fase gugur Liga Champions, Barca kalah empat kali dalam sembilan laga terakhir mereka dan terpaut tujuh poin dari posisi teratas di liga. Namun Xavi justru menyerukan kekompakan, kaget dengan adanya rumor pemecatan dirinya, dan meyakini pasukannya masih bisa menutup musim 2023/24 dengan kejayaan.

APA KATA XAVI?

Ketika ditanya apakah masa jabatannya sebagai manajer klub akan selesai, dia menjawab: "Tidak, tidak. Di akhir musim, Anda lihat di mana Anda berada dan apa yang telah Anda menangkan. Saya orang yang positif. Kami masih bisa memiliki musim yang hebat. Segalanya masih berjalan. Sekarang adalah momen untuk bersatu dan lebih percaya pada proyek dan para pemain ini. Ada kekompakan dengan [direktur olahraga] Deco, [presiden Joan] Laporta dan [wakil presiden] Rafa Yuste.

"Kita sudah setengah jalan untuk menciptakan Barca yang jago. Saya terkejut ketika orang-orang ingin mengabaikan proyek ini. Kita semua harus bersatu. Media [di Barcelona] tidak. Kurangnya persatuan di saat-saat sulit mengejutkan saya. Lonceng alarm selalu berbunyi di sini ketika segala sesuatunya tidak berjalan dengan baik, tetapi kita sudah menjalani separuh musim. Kita tidak belajar. Oktober lalu hal yang sama terjadi dan kami menjalani musim yang bagus.

"Saya tidak memahaminya. Saya memahami ketika kami mengalami suatu kegagalan. Jika kami [telah] tersingkir di Liga Champions... Saya memahami gangguan musim lalu, namun tidak sekarang. Sekarang kami lolos ke babak berikutnya di Liga Champions, yang merupakan target pertama musim ini. Kami sedang dalam persaingan [juara] di La Liga. Kami membutuhkan lebih banyak poin dan untuk berkembang dan kami harus kritis terhadap diri sendiri, tentu saja, tetapi kami sedang dalam persaingan."

RAPORNYA OK, TAPI

Xavi telah melakukan pekerjaannya dengan baik di Barca di tengah beberapa masalah keuangan yang parah bagi klub. Menjelang musim 2022/23, mereka dilaporkan memiliki utang lebih dari £1,2 miliar dan meski pun jumlah tersebut sudah berkurang, mereka masih harus sangat berhati-hati dengan keuangan mereka. Namun, mereka tertinggal tujuh poin dari pemuncak klasemen Girona, yang memiliki anggaran bermain jauh lebih kecil, dan Real Madrid serta Atletico Madrid juga berada di depan mereka. Jika hasil tidak membaik, masa depan Xavi di Camp Nou bisa jadi lebih singkat karena klub seperti Barca tidak bisa mentolerir kegagalan dalam waktu lama.

APA SELANJUTNYA UNTUK BARCELONA?

Tim asuhan Xavi, yang kalah 3-2 dari Royal Antwerp di Liga Champions pekan ini, akan berharap untuk kembali ke jalur kemenangan pada Minggu (17/12) ketika mereka bertandang ke tim papan tengah Valencia.

No comments:

Post a Comment