Sunday, December 24, 2023

Mengapa Erik Ten Hag Belum Dipecat Manchester United?


 berita bola - Sosok asal Belanda itu telah kalah 13 kali musim ini namun masih bertahan di pekerjaannya. Goal menjelaskan alasannya...

Musim Manchester United telah dipenuhi dengan titik terendah, dengan kekalahan telak di kandang dari Bournemouth merupakan salah satu yang paling brutal. Namun para suporter Setan Merah sudah lama mengetahui bahwa mantra 'segalanya bisa menjadi lebih baik' adalah sebuah kebohongan absolut dan mereka selalu bisa, dan sering kali, menjadi lebih buruk.

Dan saat itulah United bertandang ke West Ham pada pertandingan terakhir sebelum Natal dan setelah gagal memanfaatkan peluang bagus, mereka menelan kekalahan 2-0 yang mengecewakan. Itu berarti United telah kalah delapan kali dari 18 pertandingan Liga Primer musim ini dan dikalahkan sebanyak 13 kali di semua kompetisi.

Ini adalah pertama kalinya United kalah dalam jumlah yang sama sebelum Natal sejak musim 1930/31, tahun ketika mereka finis di posisi terbawah Divisi Satu Inggris. Sebagian besar manajer yang pernah menjalani musim yang buruk seperti ini sudah pasti dipecat, namun pekerjaan pelatih asal Belanda itu, entah bagaimana, tetap aman untuk saat ini.

Suporter Sudah Tidak Tahan

Pemandangan para suporter yang meninggalkan Old Trafford atau stadion tandang lebih awal sudah menjadi hal yang biasa musim ini.

Ketika Marcos Senesi mencetak gol ketiga Bournemouth dalam kemenangan mengejutkan 3-0 mereka di Old Trafford, ribuan pendukung United yang tidak puas segera menuju pintu keluar, membuat kontingen tim tamu Bournemouth dengan gembira meneriakkan "Is this a fire drill?" Saat peluit akhir dibunyikan, hampir tidak ada satu pun Manchunian yang tersisa.

Dan setelah Mohammed Kudus mencetak gol kedua West Ham di Stadion London pada menit ke-78, sejumlah suporter yang datang mulai berbondong-bondong keluar dari stadion tandang. Siapa yang bisa menyalahkan mereka karena ingin istirahat dari mimpi buruk yang terbentang di depan mata? Ini bukan pertama kalinya mereka melihat timnya mengecewakan musim ini.

Ubah Stadion Angker Jadi Ladang Poin

Kekalahan di West Ham – yang lebih menyakitkan karena terjadi saat melawan mantan bos United David Moyes – adalah kekalahan tandang keenam United musim ini di semua kompetisi, dan mereka masih belum bisa mengalahkan tim sembilan besar saat bermain tandang di bawah arahan Ten Hag. Tapi performa kandang mereka bahkan lebih buruk.

United telah kalah dalam tujuh pertandingan di Old Trafford dan kebobolan tiga gol dalam lima pertandingan di sana. Mereka kebobolan gol pertama dalam enam dari sembilan pertandingan kandang liga mereka, dan hanya klub terbawah Sheffield United yang kebobolan lebih banyak gol pembuka.

Penampilan buruk United di kandang jauh berbeda dari musim lalu, ketika mereka mengubah Old Trafford menjadi stadion angker dan memenangkan 27 pertandingan di sana, mengalahkan Liverpool, Arsenal, Manchester City, Chelsea, Tottenham dan Barcelona. Musim ini, stadion mereka justru menjadi ladang poin bagi semua.
Sejarah Berulang

United kalah delapan kali dari 18 pertandingan di liga, tiga kekalahan lebih banyak dari kekalahan Jose Mourinho dan Ole Gunnar Solskjaer ketika mereka dipecat masing-masing pada Desember 2018 dan November 2021.

Total poinnya juga cukup mirip. Ten Hag rata-rata mencetak 1,5 poin per pertandingan dibandingkan dengan 1,5 poin milik Mourinho dan 1,4 poin milik Solskjaer. Louis van Gaal, sementara itu, mencetak rata-rata 1,7 poin per pertandingan ketika ia dipecat pada akhir musim 2015/16 meski memenangkan Piala FA.

United saat ini berada di urutan kedelapan dalam klasemen, dua tingkat di bawah posisi mereka ketika Mourinho dipecat, dan satu tingkat di bawah posisi Solskjaer dan David Moyes ketika mereka dipecat.

Dan tidak seperti ketiga pendahulunya, Ten Hag tidak memiliki rekor Liga Champions yang bisa dijadikan acuan. Mourinho dan Solskjaer telah membawa United ke ambang babak sistem gugur ketika mereka dipecat, sementara Moyes mencapai perempat-final.

Namun Ten Hag dan para pemainnya tersingkir dari Liga Champions dan menempati posisi terbawah Grup A, meninggalkan mereka tanpa Liga Europa sebagai hiburan.

Masih Didukung Keluarga Glazer

Jadi kenapa Ten Hag masih dipertahankan? Meski mendapat hasil yang mengkhawatirkan baru-baru ini, pelatih asal Belanda itu masih mendapat dukungan dari petinggi United. Ini adalah situasi yang sangat berbeda dengan Mourinho, yang hubungannya dengan kepala eksekutif saat itu, Ed Woodward, memburuk ketika dia tidak mendapat dukungan di bursa transfer pada musim panas 2018.

Ketua eksekutif Joel dan Avram Glazer telah mempercayakan Ten Hag untuk memimpin cultural reset setelah bertahun-tahun mengalami penurunan standar dan peningkatan kekuatan pemain. Ketika membenarkan keputusannya untuk mendepak Jadon Sancho dari skuad pada bulan September karena berbicara menentangnya di media sosial, Ten Hag mengungkapkan bahwa dia didorong untuk menegakkan disiplin.

“Garis tegas itu intinya,” katanya. "Itulah yang diminta klub untuk saya lakukan, karena tidak ada budaya yang baik sebelum musim lalu. Jadi untuk menetapkan standar yang baik, dan itulah yang saya lakukan."

Rendahnya tingkat disiplin diungkapkan oleh Nemanja Matic baru-baru ini, dan Ten Hag telah menjalankan misinya untuk membersihkan United. Serentetan kebocoran di ruang ganti pekan lalu terkait pemberontakan terhadap dirinya menunjukkan bahwa ia belum menyelesaikan tugas tersebut, namun fakta bahwa respons klub terhadap kebocoran tersebut adalah dengan melarang sementara jurnalis untuk menerbitkan cerita itu dari konferensi pers menunjukkan bahwa mereka hanya diam saja.

Klub Dalam Ketidakpastian Sampai INEOS Tiba

Fakta bahwa tinjauan strategis klub masih belum selesai lebih dari setahun setelah diluncurkan juga menjadi faktor penentu bagi Ten Hag. Meskipun sudah menjadi rahasia umum bahwa INEOS yang dipimpin Sir Jim Ratcliffe akan segera mengonfirmasi 25 persen saham mereka di klub sebagai imbalan untuk mengelola urusan sepakbola, kesepakatan tersebut masih belum dikonfirmasi, dan taipan petrokimia itu serta timnya masih belum masuk klub. Sampai hal tersebut terjadi, United masih dalam keadaan terlantar.

Kepala eksekutif Richard Arnold meninggalkan klub pada bulan November, dan meskipun Patrick Stewart menjabat sebagai CEO sementara, dia sepertinya tidak akan membuat keputusan yang seismik seperti memecat seorang manajer ketika dia ditetapkan hanya untuk jabatan tersebut selama beberapa minggu.

Jean-Claude Blanc, CEO INEOS Sport dan digambarkan sebagai "Lionel Messi dalam bisnis olahraga", dilaporkan sedang dipertimbangkan sebagai CEO permanen United, namun ia tidak dapat bertindak sampai INEOS resmi bergabung.

Dilaporkan juga bahwa Ratcliffe dan rekan-rekannya di INEOS sangat menghormati Ten Hag, yang mereka temui ketika mengunjungi klub tersebut pada bulan Maret. Persepsinya mungkin telah berubah oleh hasil yang menjemukan dan menurut laporan, INEOS akan mempertimbangkan untuk menunjuk Graham Potter atau Julen Lopetegui jika hasilnya terus mengecewakan. Meski begitu, mereka tidak mungkin memecat Ten Hag begitu mereka mendapatkan kunci klub.

Dalam jangka panjang, mereka mungkin menginginkan seorang manajer yang mereka pilih sendiri, namun bahkan ketika INEOS tiba, menyingkirkan Ten Hag sepertinya bukan hal utama yang harus dilakukan.

Dilindungi Oleh Rekam Jejak

Rekor mengesankan Ten Hag sebelumnya dalam manajemen juga memberinya kesempatan. Ajax yang dipimpinnya mengejutkan sepakbola Eropa ketika mereka mencapai semi-final Liga Champions pada 2019 dengan memainkan sepakbola yang memukau, dan dia memimpin era dominasi domestik yang menghilang secara dramatis sejak dia pergi ke United. Musim pertamanya bersama United juga sukses besar, memberikan trofi pertama dalam enam tahun dengan memenangkan Piala Liga, mencapai final Piala FA dan finis ketiga di Liga Primer. Meski menjalani musim kedua yang buruk di Old Trafford, ia tetap dianggap sebagai manajer berkualitas dan akan banyak diminati jika meninggalkan United. Hal yang sama tidak berlaku untuk Solskjaer, yang tidak bekerja di bidang manajemen sejak dipecat.

Tak Ada Uang Untuk Memecatnya

Dilaporkan juga bahwa klub berada dalam kesulitan keuangan sehingga mereka mungkin tidak mampu memecat Ten Hag bahkan jika mereka menginginkannya.

Manajer tersebut terikat kontrak hingga musim panas 2025 dan dilaporkan mendapat gaji sekitar £9 juta ($11,4 juta). Oleh karena itu, pemecatannya dapat merugikan klub sebesar £15 juta ($19 juta) dan kemudian klub perlu mengeluarkan lebih banyak uang untuk merekrut penggantinya.

Bukan rahasia lagi bahwa United sedang kesulitan secara finansial. Mereka harus menggunakan fasilitas kredit untuk membiayai transfer dan hanya mendapat sedikit pendapatan akhir-akhir ini dari penjualan pemain. Mereka juga mendapat pukulan finansial yang besar karena tidak lolos ke babak sistem gugur Liga Champions atau bahkan terjerumus ke Liga Europa.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, United tidak punya banyak uang untuk dihamburkan demi mengejar seorang manajer, terutama sebelum Ratcliffe membeli saham minoritasnya.

No comments:

Post a Comment