Wednesday, January 11, 2023

Wout Weghorst Ke Man United: Striker 'Flop' Burnley, Perekrutan Cerdas Ten Hag


 berita bola - Pemain asal Belanda itu secara mengejutkan dilaporkan merapat ke Old Trafford. Kedatangannya menawarkan kualitas untuk membuat pengaruh besar.

“Klub telah membeli sejumlah pemain yang tidak terbayangkan dalam beberapa tahun terakhir yang belum cukup bagus,” ucap Erik ten Hag dalam edisi Natal majalah Voetbal International.

“Kebanyakan pembelian dengan kemampuan rata-rata – dan, di United, rata-rata tidak cukup bagus," tutur mantan bos Ajax itu.

“Seragam United sangat berat. Hanya pribadi-pribadi sejati, yang bisa tampil di bawah tekanan besar, yang bisa bermain di sini," tambahnya.

Hanya beberapa jam setelah kutipan penting manajer Manchester United tersebar di media Inggris; pemain pinjaman Burnley, Wout Weghorst, muncul sebagai target transfer nomor satu Setan Merah.

Ten Hag telah membahas bagaimana permainan yang bagus sejak kedatangan di Old Trafford, menekankan pentingnya mengembalikan identitas inti tim sambil menuntut standar setinggi mungkin di seluruh lapangan.

“Kami membutuhkan kepribadian. Itu sebabnya akuisisi Casemiro sangat penting. Bersama Raphael Varane, kami kini memiliki pemain kedua yang memiliki pengalaman memenangkan Gelificar, ujar pelatih asal Belanda itu.

“[Tyrell] Malacia, [Lisandro] Martinez, Casemiro, Antony semuanya petarung. Sementara Christian Eriksen adalah seorang pemain dengan teknik dan kepribadian yang hebat. Kami menginginkan yang terbaik dari yang terbaik. Setiap pemain yang kami bawa ke klub ini harus memenuhi standar tertinggi," imbuhnya.

Baca Juga Permainan Game Slot Online

Sejumlah fans netral tentu akan setuju bahwa Weghorst termasuk dalam kategori tersebut. Memang, sebagian besar pendukung Burnley senang melihat sang striker dilepas ke Besiktas dengan status pinjaman per Juli lalu. Soalnya, ia hanya mencetak dua gol dalam 20 pertandingan Liga Primer Inggris setelah didatangkan dari Wolfsburg senilai £12 juta pada bursa transfer Januari 2022.

Weghorst gagal membuktikan diri di papan atas Inggris karena Burnley gagal menghindari degradasi, tapi kini tampaknya ia akan diberi kesempatan lain bersama United, salah satu klub terbesar di dunia, yang mengejar finis di zona Liga Champions dan trofi pada paruh kedua musim.

Mungkin diksi “rata-rata” menjadi kata yang tepat untuk menggambarkan karier Weghorst selama ini. Namun, Ten Hag bukanlah orang yang melontarkan pernyataan kosong. Ia melihat sesuatu yang istimewa dalam diri pemilik 19 caps di timnas Belanda itu.

Bos United tidak merahasiakan fakta bahwa ia menginginkan striker baru bulan ini, setelah kepergian Cristiano Ronaldo. Grafik Marcus Rashford meningkat, tapi Anthony Martial masih inkonsisten. Sementara Alejandro Garnacho tetap menjadi pemain muda untuk saat ini.

Man United hanya akan menempuh kesepakatan pinjaman pada bursa Januari, setelah pengeluaran musim panas yang mencapai lebih dari £220 juta, yang menjelaskan mengapa Weghorst masuk dalam radar klub.

Namun, ini bukanlah kesepakatan panik United yang membuat Odion Igahlo bergabung dengan dengan status pinjaman dari Shanghai Shenhua pada tenggat transfer Januari 2020. Weghorst dapat menambah dimensi baru pada skuat Ten Hag dan beradaptasi dengan sistemnya dengan mudah.

Weghorst adalah striker yang mampu menekan tanpa henti. Anda tidak akan melihatnya berjalan dengan susah payah tanpa tujuan ketika kehilangan penguasaan esfera seperti yang dilakukan Ronaldo sebelum kepergiannya. Meski berpostur menjulang 197 meter, ia nyatanya sangat gesit dengan globo di kakinya.

Man United belajar betapa mahirnya Weghorst secara teknis, saat dia menghasilkan aksi apik untuk menghindari Harry Maguire dan Scott McTominay sebelum memberi assist kepada Jay Rodriguez untuk mencetak gol Burnley dalam hasil imbang 1-1 di Turf Moor, musim lalu.

Weghorst juga tidak akan terganggu jika harus memulai dari bangku cadangan. Ia tampil brilian sebagai pemain pengganti pada Piala Dunia 2022 saat diturunkan pada menit ke-78 dalam laga perempat-final Belanda melawan Argentina. Ia mencetak dua gol untuk memaksakan perpanjangan waktu.

Skuat Oranje kalah dari pemenang turnamen melalui adu penalti, tapi Weghorst menakuti Argentina dengan kehebatannya di udara dan berpikir cepat di dalam kotak, dengan gol keduanya datang dalam bentuk penyelesaian yang menakjubkan dari skema tendangan bebas yang dieksekusi dengan cerdik.

Gol seperti itu datang dengan mudah bagi striker murni seperti Weghorst, yang memiliki rekor mencetak gol yang menakutkan di level klub sebelum nasib buruknya pindah ke Burnley. Ia mengoleksi 45 gol dalam 86 laga untuk AZ Alkmaar di tanah airnya sebelum mencatatkan 70 gol dalam 144 pertandingan untuk Wolfsburg di Bundesliga Jerman.

Memang, Weghorst menorehkan sembilan gol untuk Besiktas sejauh musim 2022/23, dan sepertinya mengucapkan selamat tinggal dengan sempurna kepada para pendukung melalui gol terbarunya melawan Kasimpasa.

Kepindahan ke United mungkin belum selesai. Direktur olahraga Besiktas Ceyhun Kazanci membahas kendala yang harus diatasi saat bereaksi terhadap sikap Weghorst.

“Jika Manchester United atau tim lain menginginkan Weghorst, mereka akan bertemu dengan Burnley. Burnley kemudian akan menghubungi kami dan mendiskusikan syarat-syarat perpindahan,” kata Kazanci kepada NTV Spor.

“Jika kami menerima, kontrak akan diputus. Jika tidak, itu akan berlanjut hingga akhir musim. Dia tidak bisa pergi begitu saja. Harus ada hadiah bagi kami untuk menyetujui perpisahan," tambahnya.

Jika United gagal mendapatkan pemain incaran mereka, Weghorst hanya akan menambah daftar pemain yang gagal pindah ke Old Trafford selama dekade terakhir. Namun, jika mereka dapat memaksakan kesepakatan ini, kedatangannya harus disambut dengan kegembiraan ketimbang ketakutan.

Mantan asisten pelatih Man United, Rene Meulensteen, yang menjadi tangan kanan Sir Alex Ferguson selama tahun-tahun terakhir kegemilangan manajer legendaris itu bersama The Red Devils, dengan tepat menyimpulkan mengapa kepindahan Ten Hag ke Weghorst bisa menjadi pukulan telak.

“Ten Hag pasti tahu apa yang dia lakukan,” kata Meulensteen kepada BBC Sport.

“Dia [Weghorst] menawarkan sesuatu yang tidak dimiliki penyerang Manchester United lainnya."

“Jika United perlu bermain sedikit lebih 'direct' dan meneken sejak area pertahanan lawan, dia adalah tipe striker yang bisa menawarkan itu di dalam kotak. Dia bagus dalam permainan 'link-up' juga, Anda bisa memberinya globo lalu bergerak dengan melaluinya."

“Dia menawarkan karakter yang bagus, dengan tekad, pekerja keras, dan pejuang - itu adalah sifat terbesarnya. Dia juga anak yang baik dan tidak ada omong kosong dengannya - Weghorst akan melakukan perubahan untuk tim. Dia memiliki semua kualitas yang diinginkan Ten Hag dari seorang pemain dan akan cocok di United," pungkasnya.

Ya, Weghorst mungkin bukan nama yang seksi di kalangan fans Man United, tapi ia berpotensi menjadi apa yang mereka butuhkan saat ini.

No comments:

Post a Comment