Friday, November 27, 2020

Martin Keown: Brand Sepakbola Arsenal Di Bawah Mikel Arteta Berubah Drastis!


 berita bola - Martin Keown menilai, Mikel Arteta melenyapkan filosofi sepakbola indah Arsene Wenger demi bermain pragmatis sehingga brand Arsenal kini jadi berubah.

Martin Keown meyakini bahwa Mikel Arteta telah mengubah brand sepakbola Arsenal. Di samping itu, sang legenda juga menyebut si manajer belum sepenuhnya mempercayai para pemainnya.

Arteta mendapatkan pujian sepanjang musim lalu. Meski Arsenal dibawanya finis di posisi kedelapan, tetapi tim mampu juara Piala FA setelah dirinya diberi kendali manajerial di pertengahan musim 2019/20.

The Gunners diperkirakan bisa membangun kembali momentumnya dengan mencapai tempat di Liga Champions, tapi konsistensi kembali menjadi isu utama klub London Utara di tahapan awal musim baru ini.

Pasukan Arteta berjarak lima poin dari posisi empat besar setelah sembilan pertandingan, hanya merengkuh 13 poin dari 27 yang tersedia.

Arsenal mengalami empat kekalahan di musim ini sebelum jeda internasional di mana mereka takluk dari Aston Villa 3-0 di Emirates Stadium. Mereka pun gagal kembali ke jalur kemenangan setelah ditahan imbang tim promosi Leeds United akhir pekan kemarin.

Hasil 0-0 di Elland Road membuat para suporter The Gunners mulai tidak nyaman dengan skema Arteta. Para fans mempertanyakan metode sang manajer lantaran kurangnya dorongan menyerang di area lawan.

Keown menyatakan, pria Spanyol itu telah meninggalkan filosofi menyerang yang dijunjung tinggi manajer ikonik Arsenal Arsene Wenger demi membuat pendekatan yang lebih pragmatis, dengan pemain yang sebelumnya bermain lebih ekspresif kini dipaksa untuk bermain lebih disiplin.

"Saya menilai, merek sepakbola Arsenal telah berubah," tutur mantan bek The Gunners itu kepada BT Sport jelang laga kontra Molde di Liga Europa, di mana laga ini sendiri berakhir kemenangan 3-0 bagi Meriam London.

"Ketika Anda memikirkan 22 tahun di bawah kendali Arsene Wenger, begitu banyak kreativitas, ekspresi, keyakinan dari sang manajer bahwa segalanya itu mungkin," sambungnya.

"Di sini, kami sekarang bersama merek manajer baru, sosok yang saya kira akan luar biasa. Tapi mungkin terlalu banyak instruksi," tambahnya.

"Para pemain yang akan mundur [ketika] di bawah Arsene Wenger, jangan... jangan... Bola harus maju ke depan! Arteta bermain sangat bagus di bawah Wenger, jadi dia akan paham," lanjut Keown.

"Saya menilai, dia ingin para pemain mengekspresikan diri mereka dan bermain, tapi saya pikir ini datang karena kepercayaan dan Anda akan berhenti karena instruksi, dan bergantung pada individu untuk bermain dan menciptakan permainan," ulas Keown.

"Mungkin ini hanya sedikit keseimbangan. Dia masih manajer muda, tapi sudah sangat sukses. Ini masih hari-hari awal, tapi sekarang ini dia tidak memiliki keseimbangan yang tepat antara menyerang dan bertahan," pungkasnya.

No comments:

Post a Comment