Tuesday, May 28, 2024

Manchester United Dilarang Tampil Di Liga Europa Gara-Gara Aturan Ini?


 berita bola - Manchester United bisa dilarang berkompetisi di Liga Europa karena aturan UEFA tentang kepemilikan multi-klub.

APA YANG TERJADI?

Klub Prancis OGC Nice dan Manchester United United, yang keduanya terlibat dengan kepemilikan INEOS Sir Jim Ratcliffe, kedua tim lolos ke Liga Europa musim depan. Namun peraturan UEFA menyatakan bahwa klub dengan pemilik yang sama tidak dapat bersaing di kompetisi yang sama, sehingga menimbulkan keraguan apakah United bisa bersaing di kompetisi tersebut atau tidak.

Sebelumnya Setan Merah diklaim bakal terdegradasi ke Liga Konferensi Eropa setelah finis lebih rendah dari Nice di klasemen liga masing-masing. United finis kedelapan sementara Nice finis kelima di Ligue 1.

APA YANG DIKATAKAN?

Pernyataan yang dikeluarkan oleh INEOS berbunyi: “Kami mengetahui posisi kedua klub dan kami sedang berdialog langsung dengan UEFA."

“Kami yakin bahwa kami memiliki solusi untuk musim depan di Eropa.”

SITUASINYA

Meski finis di peringkat kedelapan, United lolos ke Liga Europa menyusul kemenangan mereka di final Piala FA atas Manchester City akhir pekan lalu.

Menurut The Sun, kesepakatan telah dicapai dengan UEFA terkait United bersaing dengan Nice di Liga Europa. Kedua tim akan mengabaikan aturan kepemilikan multi-klub di kompetisi yang sama karena Ratcliffe memiliki kurang dari 30 persen saham United saat ini.

Namun, rencana awal pengambilalihan INEOS mencakup langkah-langkah untuk meningkatkan kepemilikan melebihi batas 30 persen, yang berarti United melanggar aturan UEFA. Jika melewati ambang batas ini, salah satu dari kedua tim akan terdegradasi ke Liga Konferensi Europa.

APA SELANJUTNYA?

Sebelum rencana dapat dibuat untuk musim 2024/25 dan potensi kompetisi yang akan mereka ikuti, Ratcliffe dan United harus terlebih dahulu memutuskan masa depan Erik ten Hag. Masih harus dilihat apakah pria asal Belanda itu akan bertahan di Old Trafford atau tidak. Setelah masa depannya ditentukan, klub dapat menatap musim depan dan membuat rencana mengenai struktur kepemilikan dan cara menghindari terdegradasi ke Liga Konferensi Eropa.

No comments:

Post a Comment