Thursday, April 30, 2020

berita bola - Pasukan Thomas Tuchel dianugerahi gelar Ligue 1 meski tidak menyelesaikan kompetisi akibat pandemi Covid-19.

Paris Saint-Germain resmi disahkan menjadi juara Ligue 1 Prancis menyusul pembatalan kompetisi musim 2019/20 akibat pandemi virus corona.

LFP (Ligue de Football Professionnel) telah memutuskan hal ini lewat pemungutan suara, dengan klasemen akhir ditentukan berdasarkan rata-rata poin per laga (jumlah poin dibagi jumlah laga).

Keputusan ini diambil hanya berselang dua hari setelah Perdana Menteri Edouard Philippe menyatakan penangguhan seluruh agenda olahraga di Prancis setidaknya hingga September mendatang, yang membuat Ligue 1 berakhir lebih cepat.

Presiden LFP Nathalie Boy De La Tour menjelaskan pihaknya telah menimbang seluruh opsi untuk melanjutkan liga, tapi tak menemukan solusi terbaik. Menurutnya, keputusan yang diambil pada Kamis (30/4) ini adalah yang paling adil. "Kami telah bekerja keras di balik layar dan ini adalah hasil konkretnya," ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Umum LFP Didier Quillot mengungkapkan, pihaknya saat ini fokus untuk memulai musim 2020/21 paling lambat 22 Agustus. "Mungkin bakal ada protes dan banding, tapi keputusan kami sudah bulat," ungkap Quillot.

PSG pun resmi meraih gelar Ligue 1, yang merupakan ketiga kalinya secara beruntun atau gelar liga kesembilan mereka sepanjang sejarah. PSG pun tinggal terpaut satu gelar dari AS Saint-Etienne, pemegang rekor gelar Ligue 1 terbanyak.

Sementara itu, Olympique Lyon yang duduk di peringkat ketujuh dipastikan gagal finis di zona Liga Champions untuk pertama kalinya sejak 1997. Dengan demikian, slot Liga Champions diisi oleh PSG, Marseille, dan Rennes.

Sesuai klasemen, tiket Liga Europa diamankan oleh Lille, Reims, dan Nice. Namun, hal itu belum pasti mengingat jatah Liga Europa dari pemenang Coupe de France dan Coupe de liga Ligue juga belum dipastikan.

Adapun sistem promosi dan degradasi juga tetap ada. Dua tim terbawah Ligue 1, Amiens dan Toulouse, bakal turun kasta ke Ligue 2, dengan jatah promosi diambil oleh Lorient dan Lens.

Ligue 1 mengikuti jejak Eredivisie Belanda dan Liga Pro Belgia untuk membatalkan musim. Berbeda dengan Ligue 1, Eredivisie justru menihilkan tim juara dan sistem promosi-degradasi.

No comments:

Post a Comment