Thursday, January 4, 2024

Real Madrid Atau Liverpool? Bintang PSG Kylian Mbappe Sudah Deal Soal Masa Depan


 berita bola - Kylian Mbappe mengaku memiliki “kesepakatan” transfer di Paris Saint-Germain, namun klub seperti Real Madrid dan Liverpool masih harap-harap cemas.

APA YANG TERJADI?

Pemain internasional Prancis pemenang Piala Dunia 2018 itu memasuki enam bulan terakhir kontraknya di Parc des Princes. Itu berarti dia bebas melakukan pembicaraan dengan klub di luar Ligue 1, selama tanpa ada klausul perpanjangan kontrak yang diaktifkan.

REAL MADRID ATAU LIVERPOOL?

Real Madrid dan Liverpool termasuk di antara mereka yang dikaitkan dengan kepindahan pemain produktif berusia 25 tahun itu, yang merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang masa PSG. Namun, Mbappe sebelumnya mengulur waktu untuk menandatangani kontrak terbarunya pada tahun 2022, sempat diperkirakan akan pindah secara cuma-cuma tahun lalu dan kini dia terus membuat semua orang menebak-nebak mengenai rencana masa depannya.

APA KATA MBAPPE?

Mbappe mengatakan setelah membantu PSG meraih kejayaan Trophee des Champions dalam kemenangan 2-0 atas Toulouse: “Saya belum membuat keputusan. Saya belum membuat pilihan. Tapi bagaimana pun juga, dengan kesepakatan yang saya buat dengan presiden musim panas ini, apa pun keputusan saya, kami berhasil melindungi semua pihak. Dan untuk menjaga ketenangan klub menghadapi tantangan yang akan datang. Yang mana yang paling penting. Kapan saya akan memutuskan? Saya tidak tahu. Tahun 2022 saya menunggu karena belum tahu sampai bulan Mei. Jika saya tahu apa yang akan saya lakukan, saya tidak akan berdiam diri. Itu tidak masuk akal. Tapi seperti yang saya katakan, hal terpenting adalah memenangkan trofi. Tim dan kelompok sedang melihat ke arah itu. Situasi saya, tidak ada yang membicarakannya di dalam klub. Saya hanya ingin membantu memenangkan trofi, seperti yang saya lakukan hari ini.”

TAHUKAH ANDA?

Ditanya lebih jauh apakah ditempatkan sebagai penyerang tengah – dibandingkan sebagai penyerang sayap – akan memengaruhi keputusannya untuk bertahan di PSG, Mbappe menambahkan: “Posisi saya? Ketika saya berbicara dengan Luis Enrique, dia mengatakan kepada saya bahwa pemain bagus bisa bermain di beberapa posisi. Saya pikir saya adalah pemain yang bagus. Hari ini, saya bermain di tengah. Tapi apapun posisi yang kami mainkan, itu beradaptasi dengan kualitas pemainnya. Artinya kita tidak mengalami disorientasi. Saya tidak akan mengalami masalah saat tampil. Apakah kebebasan di lapangan mendorong saya untuk bertahan di PSG? Apa hubungan kedua hal tersebut? Saya selalu penting. Ini merupakan kelanjutan dari evolusi yang saya alami sejak kedatangan saya di Paris.”

APA SELANJUTNYA UNTUK MBAPPE?

Mbappe telah mencetak 234 gol untuk PSG dalam 283 penampilan, membantu mereka meraih 13 trofi selama berada di ibu kota Prancis. Dia telah lama dikaitkan dengan kepindahan ke Madrid – karena dia cocok dengan gaya ‘Galactico’ di Santiago Bernabeu – tetapi ada anggapan bahwa tantangan main di Liga Primer bersama Liverpool bisa jadi opsi yang dipilihnya tahun ini.

No comments:

Post a Comment