Saturday, August 25, 2018

Salah Cetak Gol, Liverpool Jaga Tren Positif di Premier League


Berita Bola - Liverpool memuncaki klasemen sementara Liga Primer Inggris setelah meraih kemenangan 1-0 atas Brighton & Hove Albion di Anfield, Sabtu (25/8).

Mohamed Salah mencetak satu-satunya gol di pertandingan ini sehingga The Reds meraih tiga kemenangan beruntun di awal musim yang baru, namun Brighton menampilkan performa yang berani dan nyaris mencuri poin seperti saat mereka menang 3-2 atas Manchester United pada akhir pekan lalu.

Liverpool mempertahankan rekor menjadi satu-satunya tim yang belum kebobolan pada musim ini dan mereka mendapatkan keuntungan penuh dari hasil imbang Manchester City kontra Wolverhampton Wanderers dalam perburuan gelar.

Liverpool menguasai permainan di awal babak pertama. Memasuki menit kelima, mereka mendapatkan peluang nyata yang pertama ketika Sadio Mane mengirim umpan kepada Salah sebelum ia terus melakukan pergerakan ke dalam kotak penalti untuk menemui passing balik, hanya saja sepakannya melebar ke sisi gawang.

Brighton merespons dengan menciptakan peluang ketika Anthony Knockaert berusaha masuk ke dalam kotak penalti, namun dapat dihentikan kiper Alisson Becker.

Liverpool nyaris unggul pada menit kesembilan ketika Andrew Robertson memberikan crossing berbahaya ke tengah kotak penalti yang bisa diteruskan dengan sundulan Roberto Firmino, namun usaha pemain asal Brasil itu digagalkan Mathew Ryan.

Beberapa saat kemudian, Liverpool mendapat peluang lagi ketika tendangan bebas Trent Alexander-Arnold hanya menerpa mistar gawang setelah Naby keita dijatuhkan di dekat kotak penalti.

Liverpool akhirnya memecahkan kebuntuan pada menit ke-23. Berawal dari usaha James Milner yang mencuri bola dari pemain debutan, Yves Bissouma, di pertahanan Brighton sebelum Mane dan Firmino melakukan kombinasi untuk menemukan Salah, yang meneruskan finishing dengan sepakan ke pojok bawah gawang sebagai golnya yang ke-29.

Tertinggal, Brighton justru kerap mendapat ancaman. Memasuki setengah jam permainan, Georginio Wijnaldum mengancam dengan sepakan dari jarak dekat, namun bisa diblok Ryan. Beberapa saat kemudian, Robertson mengirim umpan berbahaya ke kotak penalti, namun gagal dimaksimalkan Mane. Firmino juga menekan dengan sepakan yang hanya melambung, sesaat sebelum turun minum.

Di awal babak kedua, Brighton hampir menyamakan skor ketika usaha Glenn Murray membuat bola ada di kaki Knockaert, yang kemudian usahanya belum memenuhi target.

Liverpool sempat menurunkan tempo, namun mereka masih terus mengancam. Memasuki satu jam permainan, Joe Gomez memiliki peluang, namun sundulannya mengarah tepat kepada Ryan. Firmino juga mengetes kiper Brighton, sedangkan Shane Duffy hampir mencetak gol bunuh diri ketika berusaha memotong umpan crossing mendatar Robertson dari sisi kanan.

Satu menit jelang memasuki injury time, Brighton hampir saja menyamakan kedudukan ketika Pascal Gross bergerak melewati dua bek dan melepaskan sundulan ke arah gawang, namun Alisson mampu menghalau bola dengan tangannya.

Hingga pertandingan berakhir, Liverpool mampu menjaga keunggulan 1-0.

No comments:

Post a Comment