Sunday, March 28, 2021

Sir Alex Ferguson Ungkap Periode Terberat Latih Manchester United


 berita bola -  Apabila rentetan hasil jelek ini terjadi di sepakbola modern, Fergie mungkin hanya menjadi pelatih rata-rata yang dipecat United.

Pelatih legendaris Manchester United, Sir Alex Ferguson, mengungkakn musim terberanya kalah masih menangani Setan Merah.

Fergie—sapaan Ferguson—melatih Man United selama 26 tahun, yakni pada rentang 1986–2013.

Juru taktik asal Skotlandia itu mempersembahkan gelimang gelar buat United. Dua di antranya yaitu 13 gelar Liga Primer Inggris dan dua trofi Liga Champions.

Tapi yang menarik, Fergie mengungkapkan bahwa musim 1989/90 alias musim ketiganya menukangi Setan Merah adalah periode tersulitnya bersama United.

Kala itu, Mark Hughes dkk gagal menang dalam 11 laga beruntun di Divisi Satu Liga Inggris [belum era Liga Primer Inggris], tepatnya pada rentang November 1989 hingga Februari 1990.

“Ya, saya pikir ada saat-saat kala Anda mengalami masa tidak memenangkan pertandingan… 1989 pada periode Desember, kami tidak pernah memenangkan pertandingan," ucap Fergie di manutd.com, Minggu (28/3).

“Untungnya saya dibesarkan di lingkungan dengan latar belakang kelas pekerja. Artinya, tidak ada dalam kamus saya apa itu menyerah atau keraguan.”

“Jika keraguan datang, itu dari orang lain, bukan saya. Saya selalu berpikiran positif, saya akan melihat semua catatan latihan saya, pilihan tim, dan hari berikutnya akan selalu lebih baik,” tambahnya.

Meski tercecer di urutan ke-13 pada klasemen akhir musim tersebut, United tetap saja masih mampu menjuarai Piala FA dengan mengalahkan Crystal Palace.

“Tapi bicara soal penyesalan… skuad edisi 1994 yang saya punya, empat pemain belakang semuanya terlihat tua, dan itu adalah hal buruk, karena mereka luar biasa bagi saya,” tutur Fergie.

“[Paul] Parker, [Steve] Bruce, [Gary] Pallister, dan [Denis] Irwin, mereka pemain yang fantastis.  Mereka bersama tim saya dalam sembilan atau 10 tahun dan stabil tampil maksimal,” pungkasnya.

Adapun Fergie dikabarkan masih rutin mengunjungi sesi latihan Man United. Opa berusia 79 tahun itu sekaligus membimbing perjalanan manjerial Ole Gunnar Solskjaer.

Untuk urusan transfer klub, Fergie bahkan dilaporkan masih berperan langsung. Ia sempat membantu meyakinkan pemain muda asal Inggris, Jude Bellingham, untuk bergabung dengan Man United saat sang pemain masih berkostum Birmingham dan sebelum memutuskan hengkang ke Borussia Dortmund.

No comments:

Post a Comment