Saturday, February 13, 2021

Arne Friedrich: Lionel Messi Lebih Sulit Dihadapi Ketimbang Cristiano Ronaldo


 berita bola - Friedrich yakin Messi dan Ronaldo ada di level yang sama, namun pemain asal Argentina itu dianggap lebih licin.

Mantan pemain Jerman, Arne Friedrich menyatakan bahwa lebih sulit bagi dirinya untuk menghadapi Lionel Messi ketimbang Cristiano Ronaldo.

Messi dan Ronaldo menguasai panggung sepakbola dunia akhir-akhir ini dengan berbagi 11 Ballon d'Or di antara mereka. Muncul perdebatan tentang siapa yang terbaik di antara mereka, suara terpecah antara yang memilih penyerang Barcelona asal Argentina atau striker Juventus asal Portugal itu.

Setelah bermain 82 kali untuk tim nasional Jerman dan berhadapan dengan beberapa pemain terbaik di dunia, Friedrich menyebut bahwa Messi adalah lebih sulit untuk dihadapi ketimbang Ronaldo.

"Saya bisa bermain lawan Messi dan Ronaldo," ujar Friedrich kepada Goal dan SPOX.

"Jika saya harus berkomitmen pada salah satunya, itu adalah Messi. Ia memiliki pusat gravitasi yang berbeda, Ronaldo lebih sesuai dengan ukuran saya. Keduanya di level yang sama, tapi Messi lebih sulit saya hadapi karena dia memiliki gaya permainan yang berbeda."

Messi sudah mencetak 662 gol dari 790 penampilan di level klub, ditambah 87 gol dari 165 caps bersama timnas Argentina.

Sementara itu, Ronaldo telah mencetak 661 gol dari 877 penampilan di level klub, ditambah 120 gol dari 204 caps untuk timnas Portugal.

Friedrich yakin ia "sebenarnya terlihat cukup bagus" lawan Messi dan Ronaldo, dengan mengatakan: "Saya sangat menyukai itu ketika saya berkonsentrasi pada sisi pertahanan menghadapi lawan-lawan yang bagus dan menutupnya."

"Saya memiliki lebih banyak masalah ketika saya tidak memiliki banyak pekerjaan di sisi pertahanan dan banyak ruang di depan saya. Itu bukan kekuatan terbesar saya."

Friedrich menyebut Toni Kroos, Philipp Lahm, dan Miroslav Klose sebagai pemain-pemain hebat yang dirinya pernah bermain bersama mereka.

"Dalam hal sepakbola, Anda tidak perlu mengatakan apa-apa tentang salah satu dari ketiganya, Bagi saya, mereka adalah yang terbaik dalam hal sepakbola yang kami miliki di zaman saya, dan dalam kasus Toni, mereka masih memiliki dia," ujar Friedrich lagi.

"Klose adalah seseorang yang sangat pendiam, rendah hati, dan luar biasa yang merupakan striker berkelas dunia."

"[Kroos dan Lahm] sangat terlibat dalam [membantu] masyarakat. Mereka adalah orang-orang yang senang menghabiskan waktu bersama saya."

No comments:

Post a Comment